RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PERTEMUAN I
Identitas Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI / Semester 1
Materi Pokok : Sel
Sub Materi Pokok : Struktur dan fungsi sel dan komponen sel
Alokasi waktu : 3 x 45 menit
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.
Indikator:
1.1.1 Siswa melakukan ritual simbolik yaitu mengucapkan asma Allah ketika guru menjelaskan tentang keistimeawaan sel melihat sebagai tanda-tanda kebesaran Allah
2.1. Berperilaku ilmiah : teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan didalam kelas / laboratoriun maupun diluar kelas / laboratorium.
Indikator:
2.1.1 Memiliki rasa ingin tahu dan bertanggung jawab
2.1.2 Menunjukan rasa tekun, peduli dan disiplin
3.1 Memahami komponen kimiawi penyusun sel, cara hidup pada sel yang ditunjukan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Indikator:
3.1.1 Menjelaskan tentang fungsi dan struktur sel
3.1.2 Menjelaskan perbedaan komponen masing-masing sel
3.1.3 Mengidentifikasi komponen-komponen yang terdapat dalam sel
4.1 Menyajikan fakta yang mempresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan dan penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan.
Indikator:
4.1.1 Mendiskusikan bagaimana struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
4.1.2 Memdemonstrasikan bagaimana proses mekanisme yang terjadi di dalam sel
4.1.3 Menyimpulkan hasil kajian tentang sel
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah guru menyampaikan materi pembelajaran pada bab ini, yang dilakukan dengan metode ceramah dan model pembelajaran numbered heads together di harapkan siswa mampu :
1. Menjelaskan mengenai sel
2. Membedakan macam-macam komponen penyusun sel
3. Mengidentifikasi komponen penyusun sel
C. MATERI PEMBELAJARAN
Sel merupakan unit struktural fungsional terkecil di dalam tubuh makhluk hidup. Seldi bagi dua bagian yaitu sel prokatiotik dan eukariotik. Sel prokariotik yaitu sel dimana belum memiliki membran inti, sedangkan sel eukariotik yaitu sel yang sudah memiliki membran inti. Stuktur Umum Sel: Prokiariotik (Bakteri dan Mikoplasma).
contoh sel tumbuhan |
Eukariotik (Tumbuhan dan Hewan), Sel eukarioti ini sudah memiliki nukleus. Didalam nukleus inilah terkandung sebagian besar DNA. Sel eukariotik ini mencangkup sel hewan dan sel tumbuhan, ukuran sel eukariotik lebih besar daripada sel prokariotik. Struktur sel eukarioti yaitu sebagai berikut: Sel Tumbuhan: Dinding sel dan Protoplasma mencangkup; Sitoplasma, Selaput plasma dan Nukleoplasma. Antara sitoplasma dan nukleoplasma terdapat suatu pembatas yang merupakan turunan dari selaput plasma, Sitoplasma terdiri dari matrik sitoplasmik atau sitosol yang merupakan cairan bening, dan ruang-ruangan (kompartemen) yang dikelilingi selaput. Ruangan beserta selkaputnya disebut organela. Sel Hewan; Tidak memiliki sinding sel dan Tidak memiliki plastida (Kloroplas). Bagian-bagian Sel yaitu Bagian hidup(komponen protoplasma), terdiri atas inti dan sitoplasma termasuk cairan dan struktur sel seperti : mitokondria, badan golgi, dll. Bagian mati (inklusio), terdiri atas dinding sel dan isi vakuola mari kita bahas masing-masing bagian satu per satu.
D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : diskusi dan ceramah
Model : Problem Based Learning (PBI)
E. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
- Media : menggunakan model ASSURE seperti video pembelajaran, multimedia pembelajaran, atau modul
- Alat : Infokus, Komputer
- Sumber Belajar: Buku paket SMA Erlangga untuk kelas XI, LKS, Internet
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
P
E
N
D
A
H
U
L
A
N
|
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
|
20 menit
|
1. Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok oleh guru
2. Guru membagikan lembar experimen
3. Siswa
mempelajari isi lembar diskusi dibawah bimbingan guru
|
||
Bertanya
|
15
menit
|
|
1.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada materi yang kurang
dipahami.
|
||
Mengumpulkan data (mengeksplorasi/eksperimen)
|
20 Menit
|
|
1. Siswa berkelompok mengadakan pengamatan
tentang bentuk materi sel
2. Siswa mengisi data pengamatan tentang sel berdasarkan bentuknya dibawah
bimbingan guru
3. Siswa berdiskusi tentang struktur
dan fungsi sel berdasarkan pengamatan dengan menelaah buku referensi atau
modul dibawah bimbingan guru
|
||
Mengasosiasikan
|
||
Siswa berkelompok mengisi data pada
lembar observasi dan menjawab pertanyaan, dan mengolah data berdasarkan
pengamatan
|
||
Mengkominikasikan
|
20 menit
|
|
|
||
Penutup
|
|
5 menit
|
G. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
F. INSTRUMEN PENILAIAN
Adapun untuk penilaian dan Instrumen penilaian bisa di download di link berikut ini
DOWNLOAD RPP SEL
Semoga bermanfaat
0 Response to "RPP BIOLOGI MATERI SEL KURTILAS (K 13) VERSI REVISI PERTEMUAN 1"
Posting Komentar