RPP BIOLOGI MATERI SEL KURTILAS (K 13) VERSI REVISI PERTEMUAN 1

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PERTEMUAN I

Identitas Sekolah :
Identitas Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI / Semester 1
Materi Pokok : Sel
Sub Materi Pokok            : Struktur dan fungsi sel dan komponen sel
Alokasi waktu         : 3 x 45 menit

A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.

Indikator:
1.1.1 Siswa melakukan ritual simbolik yaitu mengucapkan asma Allah ketika guru menjelaskan tentang keistimeawaan sel melihat sebagai tanda-tanda kebesaran Allah

2.1. Berperilaku ilmiah : teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan didalam kelas / laboratoriun maupun diluar kelas / laboratorium.
Indikator:
2.1.1 Memiliki rasa ingin tahu dan bertanggung jawab
2.1.2 Menunjukan rasa tekun, peduli dan disiplin

3.1 Memahami komponen kimiawi penyusun sel, cara hidup pada sel yang ditunjukan oleh struktur, fungsi dan proses yang berlangsung di dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.
Indikator:
3.1.1 Menjelaskan tentang fungsi dan struktur sel
3.1.2 Menjelaskan perbedaan komponen masing-masing sel
3.1.3 Mengidentifikasi komponen-komponen yang terdapat dalam sel

4.1 Menyajikan fakta yang mempresentasikan pemahamannya tentang struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan dan penerapannya dalam berbagai aspek kehidupan.
Indikator:
4.1.1 Mendiskusikan bagaimana struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
4.1.2 Memdemonstrasikan bagaimana proses mekanisme yang terjadi di dalam sel
4.1.3 Menyimpulkan hasil kajian tentang sel


B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah guru menyampaikan materi pembelajaran pada bab ini, yang dilakukan dengan metode ceramah dan model pembelajaran numbered heads together di harapkan siswa mampu :
1. Menjelaskan mengenai sel
2. Membedakan macam-macam komponen penyusun sel
3. Mengidentifikasi komponen penyusun sel


C. MATERI PEMBELAJARAN
Sel merupakan unit struktural fungsional terkecil di dalam tubuh makhluk hidup. Seldi bagi dua bagian yaitu sel prokatiotik dan eukariotik. Sel prokariotik yaitu sel dimana belum memiliki membran inti, sedangkan sel eukariotik yaitu sel yang sudah memiliki membran inti. Stuktur Umum Sel: Prokiariotik (Bakteri dan Mikoplasma).
contoh sel tumbuhan
Bakteri merupakan organisme yang paling sederhana. Mereka pada umumnya berbentuk bola atau batang, dan berukuran beberapa mikrometer. Bakteri dari luar ke dalam berturut-turut terdiri dari flagell, dinding sel, selaput plasma, sitoplasma  yang di dalamnya terdapat nukleoid dan ribosom, dan mesosoma. Dinding sel bakteri mengandung senyawa mukopeptida yang digunakan untuk mengelompokkan bakteri. Kadar mukopeptida bakteri gram negatif lebih tinggi dibandingkan bakteri gram positif.  Dalam sitoplasma mengandung mesesom dan nukleoid yaitu berfungsi sebagai: Mesesoma yaitu berperan sebagai alat pengatur pembelahan lipatan selaput plasma bersama-sama dengan ribosom berperan sebagai  sintesis protein. Nukleoid yaitu kumpulan bahan informasi genetik yang terdapat pada bakteria. Pada saat bakteria membelah, bahan informasi genetik dibagi ke sel anakan  tanpa mengalami perubahan menjadi kromosom. Flagella merupakan alat gerak yang sederhana yang berasal dari granula basal yang terdapat disitoplasma. Ditengahnya terdapat filamen  yang terdiri dari senyawa protein.

Eukariotik (Tumbuhan dan Hewan), Sel eukarioti ini sudah memiliki nukleus. Didalam nukleus inilah terkandung sebagian besar DNA. Sel eukariotik ini mencangkup sel hewan dan sel tumbuhan, ukuran sel eukariotik lebih besar daripada sel prokariotik. Struktur sel eukarioti yaitu sebagai berikut: Sel Tumbuhan: Dinding sel dan Protoplasma mencangkup; Sitoplasma, Selaput plasma dan Nukleoplasma. Antara sitoplasma dan nukleoplasma terdapat suatu pembatas yang merupakan turunan dari selaput plasma, Sitoplasma terdiri dari matrik sitoplasmik atau sitosol yang merupakan cairan bening, dan ruang-ruangan (kompartemen) yang dikelilingi selaput. Ruangan beserta selkaputnya disebut organela. Sel Hewan; Tidak memiliki sinding sel dan Tidak memiliki plastida (Kloroplas). Bagian-bagian Sel yaitu Bagian hidup(komponen protoplasma), terdiri atas inti dan sitoplasma termasuk cairan dan struktur sel seperti : mitokondria, badan golgi, dll. Bagian mati (inklusio), terdiri atas dinding sel dan isi vakuola mari kita bahas masing-masing bagian satu per satu.

D. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik
Metode : diskusi dan ceramah
Model : Problem Based Learning (PBI)

E. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR

  1. Media : menggunakan model ASSURE seperti video pembelajaran, multimedia pembelajaran, atau modul
  2. Alat : Infokus, Komputer
  3. Sumber Belajar: Buku paket SMA Erlangga untuk kelas XI, LKS, Internet


F. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
P
E
N
D
A
H
U
L
A
N
  1. siswa menjawab salam.
  2. Siswa diabsen.
  3. Siswa diajak untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
  4. Siswa diberikan stimulus dengan menampilkan video yang berkaitan dengan sel.
  5. Pengetahuan siswa digali oleh guru dengan diberi stimulus berupa pertanyaan Apa yang kalian dapatkan dari tanyangan video tadi?”
  6. Siswa diberi kesempatan untuk berfikir dan mengemukakan pendapatnya
  7. guru memaparkan tujuan pembelajaran.
  8. Guru memberikan penekanan bahwa materi yang akan disampaikannya itu sangat penting dan bermanfaat.

10 menit
Inti
Mengamati
20 menit
1.      Siswa dibagi menjadi  beberapa kelompok oleh guru
2.      Guru membagikan lembar experimen
3.      Siswa mempelajari isi lembar diskusi dibawah bimbingan guru

Bertanya
15 menit
1.     Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada materi yang kurang dipahami.

Mengumpulkan data (mengeksplorasi/eksperimen)
20 Menit
1.      Siswa berkelompok mengadakan pengamatan  tentang bentuk materi sel
2.      Siswa mengisi data pengamatan tentang sel berdasarkan bentuknya dibawah bimbingan guru
3.      Siswa berdiskusi  tentang struktur dan fungsi sel berdasarkan pengamatan dengan menelaah buku referensi atau modul dibawah bimbingan guru

Mengasosiasikan

Siswa berkelompok mengisi data pada lembar observasi dan menjawab pertanyaan, dan mengolah data berdasarkan pengamatan

Mengkominikasikan
20 menit
  1. Setelah selasai siswa semua kelompok selesai, masing-masing perwakilannya diminta untuk maju dan mempresentasikan hasil diskusinya.
  2. Siswa yang mempresentasikan diberikan apresiasi dengan kata “wow kamu hebat aku pasti bisa” dan diberi hadiah.


Penutup
  1. Siswa diberi penguatan kesimpulan materi yang telah disampaikan.
  2. Siswa diberi tahu mengenai materi yang akan disampaikan untuk pertemuan besok
  3. Siswa diberi tugas membuat peta konsep
  4. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

5 menit


G. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

F.    INSTRUMEN PENILAIAN

Adapun untuk penilaian dan Instrumen penilaian bisa di download di link berikut ini

DOWNLOAD RPP SEL

Semoga bermanfaat

Related Posts:

0 Response to "RPP BIOLOGI MATERI SEL KURTILAS (K 13) VERSI REVISI PERTEMUAN 1"

Posting Komentar