Apaitu model Pembelajaran Card Sort?? mari kita simak penjelasan mendetail tentang pembelajaran Card Sort
Menurut Melvin L Silberman, strategi card sort
merupakan kegiatan kolaboratif yang biasa digunakan untuk mengerjakan konsep,
penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek, atau mengulangi informasi.
Strategi ini juga menekankan terhadap gerakan fisik, yang diutamakan dapat
membantu untuk memberi energi kepada suasana kelas yang mulai jenuh, karena
aktifitas pembelajaran yang sangat padat.
Card sort
merupakan kegiatan kolaboratif yang bias
digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik klasifikasi, fakta tentang
obyek atau mereview ilmu yang telah diberikan sebelumnya. Gerakan fisik yang
dominan dapat membantu mendinamisir kelas yang kelelahan. Card
sort juga sebagai
strategi, menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat kerjasama, saling
menolong dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan lewat
permainan kartu.
Interaksi dalam strategi card sort,
menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa untuk saling membutuhkan,
inilah yang dimaksud positive interdependence atau saling ketergantungan
positif. Saling ketergantungan positif ini dapat dicapai melalui ketergantungan
tujuan, ketergantungan tugas, ketergantungan sumber belajar, ketergantungan
peranan dan ketergantungan hadiah.
Di sini pendidik lebih banyak bertindak
sebagai fasilitator dan menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang
belum dimengerti siswa setelah presentasi selesai. Card Sort (sortir
kartu) strategi ini merupakan kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk
mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek atau mereview
ilmu yang telah diberikan sebelumnya atau mengulangi informasi. Gerakan fisik
yang dominan dalam strategi ini dapat membantu mendinamisir kelas yang
kelelahan.
1. Ciri-ciri
Metode Card Sort
Salah satu cirri
dalam metode card sort yaitu pendidik lebih banyak bertindak sebagai
fasilitator dan menjelaskan materi yang perlu dibahas atau materi yang belum
dimengerti siswa setelah presentasi selesai. Sehingga materi yang dipelajari
benar-benar di mengerti oleh siswa. Cirri khas dari pembelajaran aktif model
card sort ini adalah siswa mencari bahan sendiri atau materi yang sesuai dengan
kategori kelompok yang diperolehnya dan siswa mengelompok sesuai kartu indeks
yang diperolehnya. Dengan demikian siswa menjadi aktif dan termotifasi dalam
proses belajar mengajar.
2.
Langkah-langkah
Metode Belajar Card Sort
Model ini bagian dari
pembelajaran kooperatif dimana siswa bergerak secara aktif dan dinamis mencari
pasangan kartu.
Langkah-Langkah :
·
Guru membuka
pelajaran dengan menginformasikan tujuan/kompetensi pembelajatan
·
Guru menyiapkan
kartu sebanyak siswa sesuai kategori
·
Guru meminta
siswa mempelajari teks bacaan yang berkaitan KD ensiklopedia.
· Guru membagikan
kartu kepada siswa dan siswa mencari kelompok dengan kategori yang sama.
· Siswa yang
sudah berkumpul dengan kelompoknya diminta mendiskusikan dan menempel kartu
pada kertas.
· Siswa memajang
dan mempresentasikan hasil kelompoknya dan kelompok lain memberikan komentar
·
Guru dan siswa
menyimpulkan pembelajaran
·
Siswa membuat
rangkuman hasil pembelajaran
3. Tujuan Menggunakan Metode Card Sort
Tujuan dari
strategi dan metode belajar menggunakan card sort ini adalah untuk
mengungkapkan daya ingat terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari siswa.
4.
Kelebihan
dan Kelemahan Metode Card Sort
Ø Kelebihan
·
Guru mudah menguasai kelas.
·
Mudah dilaksanakan.
·
Mudah mengorganisir kelas.
·
Dapat diikuti oleh siswa yang jumlahnya banyak.
·
Guru mudah menerangkan dengan baik.
· Siswa lebih mudah mengerti tentang materi yang
diajarkan dari pada dengan menggunakan metode ceramah.
·
Siswa lebih antusias dalam pembelajaran.
· Sosialisasi antara siswa lebih terbangun yakni antara
siswa denga siswa lebih akrab.
Ø Kekurangan
· Adanya kemungkinan terjadi penyimpangan perhatian
murid, terutama apabila terjadi jawaban-jawaban yang menarik perhatiannya,
padahal bukan sasaran (tujuan) yang diinginkan dalam arti terjadi penyimpangan
dari pokok persoalan semula.
· Siswa perlu perhatian lebih sehingga tidak keseluruhan
siswa dapat diperhatikan dengan baik.
· Banyak menyita waktu terutama menyiapkan model
pembelajaran aktif tipe pemilahan kartu.
Bagi yang membutuhkan makalah model pembelajaran card sort dapat
di download di link berikut ini
jurnal yang terkait dengan makalah Download
Semoga bermanfaat
0 Response to "MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT"
Posting Komentar