RPP BIOLOGI PLANTAE PERTEMUAN KE3 KURTILAS VERSI REVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
PERTEMUAN KETIGA (K-3)

Sekolah                             :    
Kelas / Semester              :     X (Sepuluh)/Semester II
Mata Pelajaran                :     IPA Biologi
Materi                               :    Plantae
Submateri                        :     Spermatophyta (Tumbuhan berbiji)
Alokasi waktu                  :     3 x 45 Menit
A.    Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1         Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
Indikator :
1.1.1 Mensyukuri keanekaragaman tumbuhan dengan melestarikan spesies-speses yang ada
1.1         Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
Indikator :
2.1.1        Disiplin dalam mengumpulkan tugas, tepat pada waktunya
2.1.2        Peduli terhadap lingkungan yang kelestarian tumbuhan
2.1.3        Bertanggung jawab atas tanaman-tanaman yang ada dilingkungan
2.1.4       Menunjukkan rasa tekun dan rasa ingin tahu pada saat proses pembelajaran berlangsung
3.8         Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
Indikator :
3.8.1        Mengetahui ciri-ciri dari tumbuhan berbiji
3.8.2        Mengetahui klasifikasi dari tumbuhan berbiji
3.8.3        Mengidentifikasi perbedaan angiospermae dan gymnospermae
3.8.4        Mengidentifikasi perbedaan dikotil dan monokotil
3.8.5        Mengetahui peranan dari tumbuhan angiospermae dan gymnospermae
4.8    Menyajikan data hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenik tumbuhan serta  peran tumbuhan dalam kelangsungan hidup di bumi.
Indikator:
4.8.1        membuat tabel perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil
4.8.2        melakukan pengamatan pada tumbuhan dikotil dan monokotil
B.     Tujuan pembelajaran
Setelah siswa melakukan pembelajaran dengan metode diskusi dan observasi dengan model pembelajaran Direct Intruction dan Cooperative Learning diharapkan siswa mampu :
  1.        Mengetahui ciri-ciri dari tumbuhan berbiji
  2.     Mengetahui klasifikasi dari tumbuhan berbiji
  3.     Mengidentifikasi perbedaan angiospermae dan gymnospermae
  4.     Mengidentifikasi perbedaan dikotil dan monokotil
  5.     Mengetahui peranan dari tumbuhan angiospermae dan gymnospermae

C.    Materi Ajar
Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)
Istilah Spermatophyta berasal dari bahasa Yunani, sperma berarti biji dan phyta berarti tumbuhan. Ciri - ciri umum : disebut tumbuhan berbiji karena menghasilkan biji, dan termasuk tumbuhan kormophyta(memiliki akar, batang, dan daun sejati), dan menghasilkan bunga  sehingga disebut Anthophyta, memiliki plastida yang mengandung klorfil a dan b, sehingga bersifat autotrof, termasuk sel eukariotik dan mempunyai dinding sel yang tersusun dari selulose, hemiselulose, lignin, merupakan organisme bersel banyak (multiseluler), memiliki berkas pengangkut, berupa xylem (mengangkut air dan mineral dari tanah) dan floem (mengangkat zat-zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh)
Perkembangbiakan spermatophyta secara generatif/seksual dengan membentuk biji yang diawali dengan pembentukan gamet (gametogenesis), penyerbukan (polinasi), peleburan gamet jantan dan betina (fertilisasi) yang menghasilkan Misal, kemudian menjadi embrio. Perkembangan secara vegetatif/aseksual dengan organ-organ vegetatif (tunas, tunas adventif, rhizoma, stolon).
Klasifikasi Spermatophyta
Tumbuhan Spermatophyta dibedakan menjadi 2 golongan (sub devisio), yaitu :
1.      Gymnospermae (Tumbuhan biji terbuka)
Gymnospermae dibedakan menjadi beberapa kelompok , yaitu :
a.    Cycadophyta/Cycadales, batang tidak bercabang, daun-daun majemuk tersusun sebagai tajuk di pucuk pohon. Contoh : Cycas rumpii (pakis haji).
b.     Pinophyta/Coniferales, memiliki tudung daun berbentuk kerucut (konifer), alat reproduksi berupa strobilus (pada jantan maupun betina), daun berbentuk jarum.  Contoh : Aghatis alba (damar), Cupressus sp, Araucaria sp, Juniperus sp, Pinus merkusii
c.     Gnetophyta/Gnetales, batang memiliki banyak cabang, daun tunggal berhadapan, bunga berkelamin tunggal.Misal : Gnetum gnemon (mlinjo)
d.   Ginkophyta, pohon dengan tunas pendek, daun berbentuk pasak/kipas dan bertangkai daun. Merupakan tumbuhan asli di negara Tiongkok.
2.      Angiospermae (Tumbuhan biji tertutup)
Angiospermae dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu :
a.      Kelas Monokotiledonae (Biji berkeping satu)
Umumnya berupa tumbuhan herba semusim atau setahun, memiliki kotiledon tunggal/berkeping satu, batang tidak bercabang / bercabang sedikit dan tidak memiliki kambium, berkas pengangkut tersusun tidak teratur (tersebar), tipe kolateral tertutup, tulang daun melengkung/sejajar, memiliki akar serabut, Bunga memiliki bagian-bagian dengan kelipatan 3, bentuk bunga tidak beraturan, dan warna tidak mencolok. Terdiri dari beberapa famili :
1)   Liliaceae, Misal : Lilium sp (lilia), Alium cepa (bawang besar), Alium sativum(bawang putih), Alium ascolonicum (bawang merah).
2)      Palmae (keluarga palem), Misal : Cocos nucifera (kelapa), Phoenix sp (kurma)
3)   Graminae (keluarga rumput-rumputan), Misal : Oryza sativa (padi), Zea mays(Jagung), rumput, bambu, dan sebagainya.
4) Orchidaceae (keluarga anggrek), Misal : Cattleya sp, Dendrobium sp, Arundina sp, Epidendrum sp, Vanilia planifolia (vanili).
b.      Kelas Dikotiledonae (Biji berkeping dua)
Umumnya berupa tumbuhan menahun (berkayu), memiliki kotiledon ganda/berkeping dua, umumnya batang bercabang, memiliki kambium, berkas pengangkut tersusun secara teratur (bersebelahan), tipe kolateral terbuka,  tulang daun menjari/menyirip, memiliki akar tunggang, Bunga memiliki bagian-bagian dengan kelipatan 4 atau 5, bentuk bunga beraturan, dan umumnya memiliki warna mencolok Terdiri dari beberapa familia, yaitu :
1)      Caryophyllaceae, Misal : Dianthus chinensis.
2)      Magnoliaceae, Misal : Magnolia grandiflora (cempaka putih).
3)      Rosaseae, Misal : Rosa hybrida ( bunga maqar)
4)      Leguminoceae, Misal : Leucena glauca (lamtoro), Parkia specinosa (petai),Tamarindus indica (asam).
5) Malvaceae, Misal : Hibiscus rosa-sinensis (bunga sepatu), Glossipium obtusifolium (kapas).
6)      Umbelliferae, Misal : Centella asiatica (talas)
7)    Solanaceae, Misal : Solanum tuberosum (kentang), Orthosiphon grandiflorus(kumisal kucing).
8) Compositae, Misal : Ageratum sp (babandotan), Helianthus annus (bunga matahari), Nicotiana tabaccum (tmebakau), Capsicum sp (cabe), Lycopersicum esculentum (tomat), dan sebagainya
Peranan Spermatophyta
·         Sumber bahan makanan (karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin)
·         Sumber bahan minuman (jahe, teh, kopi)
·         Sumber bahan sandang (rami, kapas)
·         Sumber bahan bangunan (Mahoni, jati, meranti)
·         Sumber bahan industri (pinus, karet)

D.    Pendekatan/Metode/Model pembelajaran
  1.       Pendekatan     : Scientifik
  2.       Metode            : Diskusi dan Observasi
  3.     Model            : Direct Instruction (DI) dan Cooperative Learning tipe JAS (Jelajah Alam Sekitar dan Number Head Together) 

E.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                          : Gambar-gambar yang mendukung
2.      Alat dan bahan            : Buku, pensil, pulpen
3.      Sumber belajar            :
a.       Buku IPA Biologi Kelas X, tahun 2013
b.      Buku lainya yang relefen
c.       Lembar Kerja Siswa (LKS)

F.     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Siswa menjawab salam pembuka dan memberikan senyum.
2.    Siswa diabsen kehadiran oleh guru.
3.  Siswa diajak untuk berdo’a sebelum memulai pelajaran.
4. Siswa menerima informasi tentang tujuan pembelajaran oleh guru.
5. Siswa diberi pertanyaan terkait kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan (Apresiasi).
1 x 10 menit
Inti
Mengamati
1.    Siswa diberi gambar/video tentang tumbuhan biji berikut dengan cara berkembang biaknya
1 x 10 menit
Menanya
1.   Siswa ditanya tentang maksud dari video yang telah di tanyangkan tersebut
2.   Siswa diberikan kesempatan untuk berfikir dan menyampaikan pendapatnya setelah penayangan video tersebut?
3.Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang konsep plantae.
1 x 35 menit
Mengumpulkan data (Eksplorasi)
1.Siswa diminta untuk berkumpul berdasarkan kelompok yang telah dibentuk sebelumnya.
2.Siswa diminta untuk menghitung anggota kelompoknya sendiri.
3.Guru membagikan sebuah amplop yang berisi lembar kerja yang harus diisi dan dilakukan oleh siswa
4.Siswa diintruksikan untuk mencari tumbuhan biji dan melakukan pengamatan (mengisi lembar kerja siswa) di lingkungan sekitar sekolah
5.Siswa mendiskusikan hasil pengamatan yang didapat bersama teman kelompoknya
6.   Mengisi lembar observasi
1 x 15 menit

Mengasosiasikan
1.    Siswa diminta untuk mengaitkan fenomena yang ada dengan materi yang sedang dipelajari (melakukan pengamatan).
1 x 20 menit

Mengkomunikasikan
1. Setiap kelompok menunjuk perwakilannya untuk mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas.
2. Siswa secara acak akan ditunjuk oleh guru sesuai dengan nomor yang sudah ditentukan untuk maju, kemudian menjelaskan apa yang sudah didiskusikan di dalam kelompok.
3. Siswa yang sudah menjelaskan di depan kelas akan diberi kebebasan menunjuk temannya yang berada dikelompok lain dengan menyebutkan nomor yang sudah ditentukan untuk menjelaskan hasil diskusi kelompoknya sendiri.
4.   Siswa diberi penguatan tentang apa yang telah dipresentasikan oleh guru.
1 x 35 menit

Penutup
1. Siswa mendapat perintah untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dirumah dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
2. Siswa diberi penjelasan mengenai materi yang akan disampaikannya pertemuan selanjutnya.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengintruksikan kepada seluruh siswa untuk bersama-sama mengucapkan hamdalah dan mengucapkan salam penutup.
1 x 10 menit

G.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

No
Aspek yang dinilai

Penilaian
Teknik
Bentuk

Keterangan
1
Tingkat pemahaman siswa
Tes tertulis
·        Pertanyaan esai

Contoh :
·     Terlampir
2
Kreatifitas siswa dalam melakukan observasi
Pengisian LKS
·         Laporan dan presentasi

Contoh :
·      Terlampir
3
Aktifitas siswa
Observasi
·         Rubrik penilaian siswa

Contoh :
·     Terlampir


 Rubrik dan Pedoman Penilaian


Rubrik dan Skor Penilaian
Rubrik
No
Pertanyaan esai
Skor
Penilaian Teori
1.
2.
Jawaban benar
Jawaban salah
1
0
Penilaian Pengisian LKS (terlampir)
Pedoman Penilaian

·         Penilaian Teori
Skor maksimal = 100
Nilai siswa      = Skor perolehan/skor maksimum x 100  = … x 60% = …
·         Penilaian Pengisian LKS
Skor maksimal = 100
Nilai siswa = skor perolehan pengisian LKS/skor maksimum x 100 = … x 40% = …
·         Penilaian akhir
Nilai teori + nilai pengisian LKS = …

Apabila ingin mendownload RPP ini dapat di akses di link berikut ini


semoga bermanfaat

Related Posts:

0 Response to "RPP BIOLOGI PLANTAE PERTEMUAN KE3 KURTILAS VERSI REVISI"

Posting Komentar