RPP BIOLOGI MATERI SEL KURTILAS PERTEMUAN KE 2

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PERTEMUAN II
Identitas Sekolah                    :
Identitas Mata pelajaran         : Biologi
Kelas/Semester                        : XI / Semester 1
Materi Pokok                          : Sel
Sub Materi Pokok                   : transpor melalui membran sel
Alokasi waktu                         : 3 x 45 menit
                    
A.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1.   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.
Indikator:
1.1.1 Siswa melakukan ritual simbolik yaitu mengucapkan asma Allah ketika guru menjelaskan tentang keistimeawaan sel melihat sebagai tanda-tanda kebesaran Allah
2.1.Berperilaku ilmiah : teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan didalam kelas / laboratoriun maupun diluar kelas / laboratorium.
Indikator:
2.1.1        Memiliki rasa ingin tahu dan bertanggung jawab
2.1.2        Menunjukan rasa tekun, peduli dan disiplin
3.1         Menganalisis bioproses pada sel yang meliputi: mekanisme transport membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis dan eksositosis) dan proses proses lainnya sebagai hasil aktivitas berbagai organel sel.
Indikator:
3.1.1        Menjelaskan mekanisme transportasi melalui membran
3.1.2        Memahami perbedaan transport pasif dengan transport aktif

4.1         Membuat karya dengan menerapkan bioproses yang berlangsung didalam sel.
Indikator:
4.1.1        Mensimulasikan proses transportasi yang terjadi pada memban sel dengan melakukan praktikum sederhana.

B.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah guru menyampaikan materi pembelajaran pada bab ini, yang dilakukan dengan metode ceramah dan model pembelajaran numbered heads together di harapkan siswa mampu :
1.      Menjelaskan mekanisme transportasi melalui membran
2.      Memahami perbedaan transport pasif dengan transport aktif

C.      MATERI PEMBELAJARAN
Ciri suatu sel adalah memasukkan zat-zat yang diperlukan ke dalam sel dan memngeluarkan zatzat sisa  yang tidak diperlukan ke luar sel. Hal itu dikenal dengan transport zat dari dan ke luar sel.
Transport sel dapat dibedakan menjadi transport aktif dan transport pasif. Transport aktif memerlukan energi, yaitu transport pompa ion, endositosis dan eksositosis. Sedangkan transport pasif tidak memerlukan energi, meliputi difusi dan osmosis.

1.      Difusi
Difusi merupakan perpindahan zat-zat terlarut dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Contoh peristiwa difusi antara lain adalah di dalam sel, air mudah masuk dan keluar dari sel melewati pori-pori yang banyak tersebar pada membran sel.
Tidak semua zat dapat melewati membran sel dengan cara difusi, contohnya glukosa dan asam amino. Keduanya dapat melewati membran sel dengan cara difusi terikat atau difusi terfasilitasi.
2.      Osmosis
Osmosis merupakan perpindahan zat-zat terlarut dari konsentrasi rendah ke konsentasi yang lebih tinggi melalui selaput atau membran semipermeabel.
Semua sel hidup selalu berusaha untuk menjaga tekanan osmosisnya sesuai dengan caran medianya. Jika ada gangguan pada tekanan osmosisnya, sel akan rusak. Usaha sel hidu untuk menjaga tekanan osmosisnya adalah homeostatis.
Transport Aktif
Transpor aktir adalah transpor yang melalui membran dengan melawan kecendrungan alami yaitu melawan gradien konsentrasi dengan menggunakan energi ATP. Pada transpor aktir diperlukan energi dari dalam sel untuk melawan gradien konsentrasi.
Transpor aktif primer dan sekunder: transpor aktir primer membutuhkan energi dalam bentuk ATP. Sedangkan transpor aktif sekunder memerlukan transpor yang tergantung pada potensial membran. Kedua jenis transpor tersebut saling berhubungan erat karena transpor aktir primer akan menciptakan potensial membran dan ini memungkinkan terjadinya transpor aktif sekunder.

D.      METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan          : Saintifik
Metode                 : diskusi dan ceramah
Model                   : Numbered Heads Together, Picture and Picture

E.       MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media                         : menggunakan model ASSURE seperti video pembelajaran, multimedia pembelajaran, atau modul
2.      Alat                            : Infokus, Komputer
3.      Sumber Belajar           : Buku paket SMA Erlangga untuk kelas XI, LKS, Internet

F.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan (engagement)
  1. siswa menjawab salam dan diabsen.
  2. Siswa diajak untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
  3. Siswa diberikan stimulus dengan menampilkan video yang berkaitan dengan transportasi sel.
  4. Pengetahuan siswa digali oleh guru dengan diberi stimulus berupa pertanyaan Apa yang kalian dapatkan dari tanyangan video tadi?”
  5. Siswa diberi kesempatan untuk berfikir dan mengemukakan pendapatnya.
  6. guru memaparkan tujuan pembelajaran.

20 menit
Inti
Mengamati
20 menit
  1. Siswa diminta untuk menyimak penjelasan guru mengenai transportasi yang terjadi pada membran sel
  2. Siswa diminta untuk mengamati gambar dingding sel sebagai media untuk keluar masuknya zat


Bertanya
25 menit
  1. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada materi yang kurang dipahami.
  2. Siswa diberi tugas oleh guru untuk membuat tabel perbedaan antara transportasi pasif (difusi dan osmosis) dan aktif (fagositosis, pinositosis dan transport ion) dengan kelompok yang telah dibuat


Mengumpulkan data (mengeksplorasi/eksperimen)
15 menit
siswa membuat tabel perbedaan sesuai yang diperintahkan oleh guru

Mengasosiasikan

Siswa membandingkan antara proses – proses yang terjadi pada membran sel agar mendapatkan perbedaan yang tepat.

Mengkominikasikan
20 menit
  1. Setelah selasai siswa semua kelompok selesai, masing-masing kelompok memberi nomor dari 1 sampai 5.
  2. Guru menyebutkan nama kelompok dan nomor. Siswa yang dipanggil oleh guru harus menjelaskan hasil diskusinya
  3. Siswa yang mempresentasikan diberikan apresiasi dengan kata “wow kamu hebat aku pasti bisa” dan diberi hadiah.
  4. Kemudian selanjutnya seperti itu.


Penutup
  1. Siswa diberi penguatan kesimpulan materi yang telah disampaikan
  2. Siswa diberi tahu mengenai materi yang akan disampaikan untuk pertemuan besok
  3. Siswa diberi tugas membuat peta konsep tentang jaringan tumbuhan dan hewan
  4. Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

15 menit

G.         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
Teknik
Bentuk
Waktu
1.       
Afektif
Diskusi, keberanian berpendapat
Observasi
Pada saat PBM
2.       
Psikomotor
Merangkum
Portofolio
Pada saat PBM
3.
Kognitif
Uraian bebas
Tes lisan
Pada saat PBM

F.    INSTRUMEN PENILAIAN
       1.      Tes Uraian Bebas
a.       Jelaskan mekanisme trasnportasi melalui membran sel? Sebutkan pembagiannya!
b.      Apa yang dimaksud dengan Transort aktif dan transport pasif?
c.       Sebutkan dan jelaskan pembagian transport aktif dan transport pasif?

      2.      Lembar observasi
No
Aspek yang diamati
Indikator
1.
Aktif dan berani bertanya
v  Mengajukan pertanyaan sesuai dengan materi yang diajarkan
v  Mengembangkan pertanyaan dengan fenomena yang ada
2.
Aktif mengungkapkan pendapat
v  Menanggapi ketika teman mngemukakan pendapat
v  Berani untuk mengungkapakan apa yang ada dipikirannya
3.
Trampil dalam mencari dan menyampaikan informasi
v  Belajar tidak hanya bergantung dari apa yang guru sampaikan
v  Mencari sumber-sumber belajar yang relevan
v  Menyampaikan apa yang didapatkan kepada temanya
5.
Pertinggi kepedulian  dan hasrat Ingin Tahu
v  Mengajukan pertanyaan
v  Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran
v  Mengikuti pembelajaran
Lembar observasi 

No
Nama siswa
Aspek Pengamatan
Aktif dan berani bertanya
Aktif mengungkapkan pendapat
Trampil dalam mencari dan menyampaikan informasi
Hasrat ingin tahu yang tinggi
Jumlah skor
1






2






3






4






5
Dst....






Bagi para pengunjung Blogg sahabat kita yang menginginkan RPP Sel ini dengan format aslinya dapat di download di link berikut ini


Semoga Bermanfaat

Related Posts:

0 Response to "RPP BIOLOGI MATERI SEL KURTILAS PERTEMUAN KE 2"

Posting Komentar