RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PERTEMUAN
II
Identitas Sekolah :
Identitas Mata pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI / Semester 1
Materi Pokok : Sel
Sub Materi Pokok : transpor melalui membran sel
Alokasi waktu : 3 x 45 menit
A. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem
dan bioproses yang terjadi pada makhluk hidup.
Indikator:
1.1.1
Siswa melakukan ritual simbolik yaitu mengucapkan asma Allah ketika guru
menjelaskan tentang keistimeawaan sel melihat sebagai tanda-tanda kebesaran
Allah
2.1.Berperilaku
ilmiah : teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,
dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan
pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama,
cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam
setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan didalam kelas /
laboratoriun maupun diluar kelas / laboratorium.
Indikator:
2.1.1
Memiliki rasa ingin tahu dan bertanggung
jawab
2.1.2
Menunjukan rasa tekun, peduli dan
disiplin
3.1
Menganalisis bioproses pada sel yang
meliputi: mekanisme transport membran (difusi, osmosis, transport aktif,
endositosis dan eksositosis) dan proses proses lainnya sebagai hasil aktivitas
berbagai organel sel.
Indikator:
3.1.1
Menjelaskan mekanisme transportasi
melalui membran
3.1.2
Memahami perbedaan transport pasif
dengan transport aktif
4.1
Membuat karya dengan menerapkan
bioproses yang berlangsung didalam sel.
Indikator:
4.1.1
Mensimulasikan proses transportasi yang
terjadi pada memban sel dengan melakukan praktikum sederhana.
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah
guru menyampaikan materi pembelajaran pada bab ini, yang dilakukan dengan
metode ceramah dan model pembelajaran numbered heads together di harapkan siswa
mampu :
1. Menjelaskan
mekanisme transportasi melalui membran
2. Memahami
perbedaan transport pasif dengan transport aktif
C. MATERI
PEMBELAJARAN
Ciri suatu sel adalah memasukkan
zat-zat yang diperlukan ke dalam sel dan memngeluarkan zatzat sisa yang tidak diperlukan ke luar sel. Hal itu
dikenal dengan transport zat dari dan ke luar sel.
Transport sel dapat dibedakan
menjadi transport aktif dan transport pasif. Transport aktif memerlukan energi,
yaitu transport pompa ion, endositosis dan eksositosis. Sedangkan transport
pasif tidak memerlukan energi, meliputi difusi dan osmosis.
1.
Difusi
Difusi merupakan perpindahan zat-zat terlarut dari konsentrasi
tinggi ke konsentrasi rendah. Contoh peristiwa difusi antara lain adalah di
dalam sel, air mudah masuk dan keluar dari sel melewati pori-pori yang banyak
tersebar pada membran sel.
Tidak semua zat dapat melewati membran sel dengan cara difusi,
contohnya glukosa dan asam amino. Keduanya dapat melewati membran sel dengan
cara difusi terikat atau difusi terfasilitasi.
2.
Osmosis
Osmosis merupakan perpindahan zat-zat terlarut dari konsentrasi
rendah ke konsentasi yang lebih tinggi melalui selaput atau membran
semipermeabel.
Semua
sel hidup selalu berusaha untuk menjaga tekanan osmosisnya sesuai dengan caran
medianya. Jika ada gangguan pada tekanan osmosisnya, sel akan rusak. Usaha sel
hidu untuk menjaga tekanan osmosisnya adalah homeostatis.
Transport Aktif
Transpor aktir adalah transpor yang
melalui membran dengan melawan kecendrungan alami yaitu melawan gradien
konsentrasi dengan menggunakan energi ATP. Pada transpor aktir diperlukan
energi dari dalam sel untuk melawan gradien konsentrasi.
Transpor aktif primer dan sekunder:
transpor aktir primer membutuhkan energi dalam bentuk ATP. Sedangkan transpor
aktif sekunder memerlukan transpor yang tergantung pada potensial membran.
Kedua jenis transpor tersebut saling berhubungan erat karena transpor aktir
primer akan menciptakan potensial membran dan ini memungkinkan terjadinya
transpor aktif sekunder.
D. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Saintifik
Metode : diskusi dan ceramah
Model : Numbered Heads Together,
Picture and Picture
E. MEDIA,
ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media : menggunakan model
ASSURE seperti video pembelajaran, multimedia pembelajaran, atau
modul
2.
Alat : Infokus,
Komputer
3.
Sumber Belajar : Buku paket SMA Erlangga
untuk kelas XI, LKS, Internet
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan (engagement)
|
|
20 menit
|
Inti
|
Mengamati
|
20 menit
|
|
||
Bertanya
|
25
menit
|
|
|
||
Mengumpulkan data (mengeksplorasi/eksperimen)
|
15 menit
|
|
siswa membuat tabel perbedaan sesuai
yang diperintahkan oleh guru
|
||
Mengasosiasikan
|
||
Siswa membandingkan antara proses –
proses yang terjadi pada membran sel agar mendapatkan perbedaan yang tepat.
|
||
Mengkominikasikan
|
20 menit
|
|
|
||
Penutup
|
|
15 menit
|
G.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Waktu
|
||
1.
|
Afektif
|
Diskusi, keberanian
berpendapat
|
Observasi
|
Pada saat PBM
|
2.
|
Psikomotor
|
Merangkum
|
Portofolio
|
Pada saat PBM
|
3.
|
Kognitif
|
Uraian bebas
|
Tes lisan
|
Pada saat PBM
|
F. INSTRUMEN PENILAIAN
1.
Tes Uraian Bebas
a.
Jelaskan mekanisme trasnportasi melalui
membran sel? Sebutkan pembagiannya!
b.
Apa yang dimaksud dengan Transort aktif
dan transport pasif?
c.
Sebutkan dan jelaskan pembagian
transport aktif dan transport pasif?
2. Lembar
observasi
No
|
Aspek yang diamati
|
Indikator
|
1.
|
Aktif dan
berani bertanya
|
v Mengajukan
pertanyaan sesuai dengan materi yang diajarkan
v Mengembangkan
pertanyaan dengan fenomena yang ada
|
2.
|
Aktif mengungkapkan pendapat
|
v Menanggapi
ketika teman mngemukakan pendapat
v Berani untuk
mengungkapakan apa yang ada dipikirannya
|
3.
|
Trampil dalam mencari dan menyampaikan
informasi
|
v Belajar tidak
hanya bergantung dari apa yang guru sampaikan
v Mencari
sumber-sumber belajar yang relevan
v Menyampaikan
apa yang didapatkan kepada temanya
|
5.
|
Pertinggi kepedulian dan
hasrat Ingin Tahu
|
v Mengajukan pertanyaan
v Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran
v Mengikuti pembelajaran
|
Lembar observasi
No
|
Nama siswa
|
Aspek Pengamatan
|
||||
Aktif dan berani bertanya
|
Aktif mengungkapkan pendapat
|
Trampil dalam mencari dan menyampaikan informasi
|
Hasrat ingin tahu yang tinggi
|
Jumlah skor
|
||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Dst....
|
Bagi para pengunjung Blogg sahabat kita yang menginginkan RPP Sel ini dengan format aslinya dapat di download di link berikut ini
Semoga Bermanfaat
0 Response to "RPP BIOLOGI MATERI SEL KURTILAS PERTEMUAN KE 2"
Posting Komentar