PERSPEKTIF MARX WEBER TENTANG ETOS KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS-EKONOMI

IMUN MUNTAHA HILMI,59440903  :Perspektif Max Weber Tentang EtosKerjaGuru DalamPembelajaranPendidikanIps-Ekonomi

Pendidikanmerupakan salah satu dari investasi dunia, yang mampu memajukan kesejahtraan masyarakat, menghasilkan generasi anak bangsa yang baik, hal ini dipicu oleh tenaga pengajar yaitu guru yang memiliki etos kerja yang tinggi, pada masa Max Weber di kalangan protestan banyak masyarakat melakukan pekerjaan kurang baik, akan tetapi hadir adanya  pemikiran Max Weber upaya solusi pembentukan bagi guru yang kurang semangat dalam mengajar, atau kurang etos kerja pada saat ini zaman moderen.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang biografi dan karya-karya Max Weber, teori-teori Max Weber tentang etos kerja guru dalam pembelajaran pendidikan untuk memperjuangkan tenaga pengajar yang mempunyai kesemangatan dalam mengajar, sehingga mampu menghasilkan siswa yang kreatif, inovatif dan berakhlak mulia. Yang menjadikan pendidikan bertarap nasional bahkan internasional.
Sebagai kerangka pemikir, Etos kerja adalah semangat bekerja melakukan pengupayaan pencitraan pembentukan diri dalam dunia pendidikan sehingga menghasilkan keberhasilan dalam belajar.Yang membentuk siswa menjadi manusia sempurna, atau dalam proses memanusiakan manusia. Etos kerja yang di praktekan Weber ketika ingin mencari jatidiri,Weber menerapkan kebiasaan kerja keras untuk menghasilkan tujuan hidup, sehingga mampu meraih gelar profesor. Dan menggambarkan kepada masyrakat kalangan protestan, ajaran calvinisme untuk bekerja keras dalam melakukan pekerjaan untuk mencapai kecerahan hidup dimasa depan.
Penelitian ini dilakukan metodologi penelitian kepustakaan, pengumpulan data, analisis data. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan literature (studi pustaka) untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang diteliti. Sedangkan analisis data dilakukan untuk memberikan uraian secara deskriptif dan menarik kesimpulan dari uraian tersebut.
Dari analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian membuktikan pembentukan, peran Max Weber dalam dunia pendidikan untuk memperjuangkan pembentukan kesemangatan bekerja bagi guru yang bisa menghasilkan pembelajaran lebih baik sehingga mampu menghasilkan siswa yang kreatif, inovatif, berguna bagi nusa dan bangsa, memiliki masa depan yang cerah dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

DOWNLOAD SKRIPSI

Related Posts:

0 Response to "PERSPEKTIF MARX WEBER TENTANG ETOS KERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS-EKONOMI"

Posting Komentar