NUNIK NURLATIPAH (2015): Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sains dan Fotografi Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Sumber Pada Pokok Bahasan Ekosistem
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa SMPN 2 Sumber, dimana dalam proses pembelajarannya membutuhkan alat bantu yang lebih sesuai dibandingkan yang ada. Pada pembelajaran IPA khususnya, siswa masih cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pendapat atau pertanyaan saat berdiskusi, kurang dapat mengeksplor kemampuan yang mereka miliki, tidak percaya diri ketika dilakukan tes, dan yang lebih penting yaitu minat baca mereka masih kurang sehingga menyebabkan hasil belajar masih dibawah KKM yang ditetapkan. Dengan demikian untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, peneliti menawarkan solusi media pembelajaran berupa komik sains dan fotografi sains yang dikombinasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas, perbandingan hasil belajar, dan respon siswa setelah dilakukannya perlakuan. Perlakuan diberikan pada dua kelas, yaitu eksperimen dengan media ajar komik fotografi sains sebagai media yang dapat meningkatkan hasil belajar, dan kelas control yang hanya menggunakan media ajar tekxbook. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design serta desain pengembangan produknya yaitu R&D. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain, normalitas, homogenitas, dan hipotesis t. Dan setelah media komik fotografi sains diujikan, siswa mengalami peningkatan pembelajaran yang berarti H0 ditolak.
Kata kunci : Komik dan Fotografi Sains, hasil belajar, ekosistem.
DOWNLOAD SKRIPSI
0 Response to "PENGGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SAINS DAN FOTOGRAFI SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMBER PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM"
Posting Komentar