ABSTRAK
Nur Aida Fajriyanti (2014) : “ Penerapan Media
Pembelajran Adobe Captivate untuk
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada sub konsep Sistem Saraf di MAN
Cirebon 1”.
Media pembelajaran merupakan salah satu
unsur penting dalam pembelajaran. Media berfungsi sebagai alat bantu untuk
mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan membuat pelajaran lebih menarik
sehingga proses pembelajaran lebih terarah, siswa lebih mudah memahami dan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk
mengakaji aktivitas siswa pada saat pemebelajaran biologi dengan menggunakan
media pembelajaran Adobe Captivate (2)
untuk mengakaji perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran
biologi yang mengguanakn media pembelajaran Adobe
Captivate (3) untuk mengkaji respon siswa terhadap penggunaan media
pembelajaran Adobe Captivate.
Proses pembelajaran menggunakan Adobe Captivate mengacu pada kurikulum
untuk menciptakan interaksi anatar pendidik dengan peserta didik dalam kegiatan
pembelajaran, tidak hanya memperoleh pengetahuan saja, tetapi juga keterampilan
(psikomotorik) dan kerjasama anatar teman (afektif). Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, tes dan angket.
Metode yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan
teknik pengumpulan data berupa tes (pretest-posttest),
observasi dan angket. Sampel yang diamabil adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas
eksperimen sebanyak 37 siswa dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol sebanyak
39 siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS 20 melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
aktifitas siswa pada saat kegiatan pembelajaran menggunakan media Adobe Captivate termasuk dalam kriteria
baik (2) berdasarkan hasil uji t, terdapat perbedaan yang signifakan terhadap
peningkatan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran Adobe Captivate dengan yang tidak
menggunakan media pembelajaran Adobe
Captivate terbukti dari hasil uji t menggunakan SPSS 20 diperoleh nilai sig. 0,000 < (0,005) yang berarti
terdapat perbedaan hasil belajar atara kelas eksperimen dan kontrol (3)
Berdasarkan hasil analisis angket sebagian siswa merespon dengan baik
penggunaan media pembelajaran Adobe
Captivate pada materi sistem saraf,
hail ini terbukti dari hasil analisis angket dengan rata-rata skor sebesar
81,03% yang tergolong sangat kuat.
Kata Kunci : Penggunaan Media
Pembelajaran Adobe Captivate, Hasil
Belajar
DOWNLOAD SKRIPSI
Semoga Bermanfaat
0 Response to "PENERAPAN MEDIA PEMBELAJRAN ADOBE CAPTIVATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA "
Posting Komentar