PENERAPAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

ABSTRAK

NUROHMAN (07460869) : Penerapan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas X di  MAN Karangampel.

Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning ) adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang di milikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari, dengan melibatkan tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual, yakni : konstruktivisme (contructivisme), bertanya (questioning), inkuiri (inquiri), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), dan penilaian authentic (authentic assessment).
Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji tentang: a). Peningkatan hasil belajar siswa siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) memanfaatkan sampah di lingkungan sekolah. b). Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dan kelas yang menerpkan model pembelajaran konvensional. C).Pengaruh Respon siswa terhadap pembelajaran dengan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada konsep pencemaran lingkungan.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis yakni pretest, posttest, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Karangampel yang berjumlah 157 yang terdiri dari kelas Xa, Xb, Xc, Xd, Xe.

Dari hasil penelitian 1).Terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) memanfaatkan sampah di lingkungan sekolah, dari hasil analisis data atas diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) hal ini bahwa H0 ditolak yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah melakukan pembelajaran dengan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) memanfaatkan sampah di lingkungan sekolah. 2).  Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji Independent Samples Test menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) adalah 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat perbedaan gain eksperimen dengan kontrol. 3). Berdasarkan  interpretasi skor angket pelaksanaan pembelajaran dengan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) memanfaatkan sampah di lingkungan sekolah sebagian besar responden dari 30 siswa menyatakan setuju (57,50%) yang termasuk dalam kategori cukup.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai penelitian pembelajaran CTL dapat di download di link berikut

DOWNLOAD SKRIPSI

Related Posts:

0 Response to "PENERAPAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN "

Posting Komentar