ABSTRAK
NUROHMAN (07460869)
: Penerapan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Peningkatan
Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Kelas X di MAN Karangampel.
Pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning ) adalah konsep belajar yang
membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia
nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang di
milikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari, dengan melibatkan
tujuh komponen utama pembelajaran kontekstual, yakni : konstruktivisme (contructivisme), bertanya (questioning), inkuiri (inquiri), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), dan penilaian authentic (authentic assessment).
Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji tentang: a). Peningkatan hasil
belajar siswa siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan pembelajaran
CTL (Contextual Teaching
and Learning) memanfaatkan sampah di lingkungan sekolah. b). Mengetahui
perbedaan hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan pada kelas yang
menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual
Teaching Learning) dan kelas yang menerpkan model pembelajaran konvensional. C).Pengaruh Respon siswa terhadap pembelajaran dengan pembelajaran
CTL (Contextual Teaching
and Learning) pada konsep pencemaran lingkungan.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis yakni pretest,
posttest, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
X MAN Karangampel yang berjumlah 157 yang terdiri dari kelas Xa, Xb, Xc, Xd,
Xe.
Dari hasil penelitian 1).Terdapat peningkatan
hasil belajar siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan Pembelajaran
CTL (Contextual Teaching and Learning) memanfaatkan sampah di lingkungan
sekolah, dari hasil analisis data atas diperoleh nilai signifikansi
sebesar 0,000 (<0,05) hal ini bahwa H0 ditolak yang menunjukkan
bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah melakukan pembelajaran dengan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) memanfaatkan sampah di lingkungan
sekolah. 2). Terdapat perbedaan hasil
belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji Independent Samples Test menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) adalah
0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 artinya terdapat perbedaan
gain eksperimen dengan kontrol. 3). Berdasarkan interpretasi skor angket pelaksanaan
pembelajaran dengan pembelajaran CTL (Contextual
Teaching and Learning)
memanfaatkan sampah di lingkungan sekolah sebagian besar responden
dari 30 siswa menyatakan setuju (57,50%) yang termasuk dalam kategori cukup.
Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai penelitian pembelajaran CTL dapat di download di link berikut
DOWNLOAD SKRIPSI
0 Response to "PENERAPAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN "
Posting Komentar