PENGARUH PENERAPAN ASESSMEN RUBRIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SUB POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN

ABSTRAK

DANI SOFILAH:            Pengaruh Penerapan Asessmen Rubrik Terhadap Keterampilan Proses Sains Sub Pokok Bahasan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan Di Kelas VIII MTs Negri Karangkenda

Penelitian ini dilakukan karena  dalam praktikum guru hanya menilai laporan praktikum tanpa memperhatikan keterampilan proses yang dimiliki siswa. Sehingga keterampilan proses yang dimiliki siswa tidak dapat berkembang dan penilaian tidak dilaksanakan secara obyektif. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu instrumen penelitian yang dapat menilai keterampilan proses sains, sehingga penilaian dapat dilaksanakan secara obyektif dan siswa lebih semangat dalam pelaksanakan praktikum.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji standar asesmen rubrik yang digunakan dalam menilai keterampilan proses pada praktikum membuat kecambah kacang hujau, penerapan asesmen rubrik  untuk meningkatkan  nilai keterampilan proses sains siswa, dan pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan kognitif siswa. 
Dalam suatu pembelajaran, penilaian terdiri dari penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dalam sains biasa disebut dengan keterampilan proses sains (KPS). Untuk menilai KPS siswa diperlukan suatu instrumen yang mencakup indikator-indikator Keterampilan Proses Sains, sehingga kemampuan siswa dapat dinilai secara obyektif. Instrumen yang digunakan adalah assesmen rubrik. Selain sebagai alat penilaian, rubrik ini diharapkan dapat meningkatkan KPS yang dimiliki oleh siswa.
Penelitian ini dilakukan di MTs Negri karangkendal  dengan subjek penelitian sebanyak 39 siswa yang berasal dari kelas VIII B . Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi rubrik untuk menilai keterampilan proses sains siswa  pada kegiatan praktikum dan tes tertulis untuk mengetahui nilai penguasaan kognitif siswa. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, prosentase data, uji anova dan uji regresi. 
Hasil penelitian ini adalah instrumen rubrik yang telah dibuat melalui prosedur modifikasi, penyusunan dan penentuan gradasi, dan validasi isi sehingga telah layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Penerapan asesmen rubrik melalui PTK sangat efektif, hal ini terbukti observasi on task dan KPS siswa meningkat setiap siklusnya. Nilai KPS yang diperoleh selama penelitian ini adalah Keterampilan merencanakan percobaan sebesar 91,67%, keterampilan menggunakan alat dan bahan sebesar 73,72%, keterampilan melakukan percobaan sebesar 84,62% dan keterampilan menginterpretasi sebesar 87.82%. Berdasarkan uji anova diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel (84.452>3.26)  maka keterampilan proses siswa dari siklus 1 sampai 3 terdapat perbedaan. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara KPS siswa dengan penguasaan kognitif siswa melalui uji regresi dengan nilai sig. 0.000 yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, asesmen rubrik dapat dijadikan alternatif penilaian yang dapat memotivasi siswa dalam pelaksanaan praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses sains yang dimiliki siswa.

Kata Kunci : Assesmen Rubrik, Keterampilan Proses Sains (KPS)


bagi sahabat blog semangat belajar yang tertarik akan penelitian ataupun karya ilmiah ini anda bisa membacanya lebih lengkap dengan cara mendownloadnya di link berikut ini

Related Posts:

1 Response to "PENGARUH PENERAPAN ASESSMEN RUBRIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SUB POKOK BAHASAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN "

  1. Harrah's Cherokee Casino Resort - MapYRO
    Harrah's 대구광역 출장샵 Cherokee Casino Resort is located in Murphy, 오산 출장마사지 North Carolina and 김해 출장샵 is open daily 24 hours. The casino hotel offers 2000 guest 군산 출장안마 rooms with 69 suites.Hotel condition: 4.0Room comfort: 4.5 Rating: 4.2 · ‎21 제주도 출장마사지 reviews

    BalasHapus