ABSTRAK
DANI SOFILAH: Pengaruh
Penerapan Asessmen Rubrik Terhadap Keterampilan Proses Sains Sub Pokok Bahasan
Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan Di Kelas VIII MTs Negri Karangkenda
Penelitian ini dilakukan karena dalam praktikum guru hanya menilai laporan
praktikum tanpa memperhatikan keterampilan proses yang dimiliki siswa. Sehingga
keterampilan proses yang dimiliki siswa tidak dapat berkembang dan penilaian
tidak dilaksanakan secara obyektif. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu
instrumen penelitian yang dapat menilai keterampilan proses sains, sehingga
penilaian dapat dilaksanakan secara obyektif dan siswa lebih semangat dalam
pelaksanakan praktikum.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji
standar asesmen rubrik yang digunakan dalam menilai keterampilan proses pada
praktikum membuat kecambah kacang hujau, penerapan asesmen rubrik untuk meningkatkan nilai keterampilan proses sains siswa, dan
pengaruh keterampilan proses sains terhadap penguasaan kognitif siswa.
Dalam suatu pembelajaran, penilaian terdiri dari
penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dalam sains biasa
disebut dengan keterampilan proses sains (KPS). Untuk menilai KPS siswa
diperlukan suatu instrumen yang mencakup indikator-indikator Keterampilan
Proses Sains, sehingga kemampuan siswa dapat dinilai secara obyektif. Instrumen
yang digunakan adalah assesmen rubrik. Selain sebagai alat penilaian, rubrik ini
diharapkan dapat meningkatkan KPS yang dimiliki oleh siswa.
Penelitian ini dilakukan di MTs Negri
karangkendal dengan subjek penelitian
sebanyak 39 siswa yang berasal dari kelas VIII B . Pengumpulan data dilakukan
dengan lembar observasi rubrik untuk menilai keterampilan proses sains
siswa pada kegiatan praktikum dan tes
tertulis untuk mengetahui nilai penguasaan kognitif siswa. Sedangkan teknik
analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, daya pembeda,
tingkat kesukaran, prosentase data, uji anova dan uji regresi.
Hasil penelitian ini adalah instrumen rubrik yang
telah dibuat melalui prosedur modifikasi, penyusunan dan penentuan gradasi, dan
validasi isi sehingga telah layak digunakan sebagai instrumen penelitian.
Penerapan asesmen rubrik melalui PTK sangat efektif, hal ini terbukti observasi
on task dan KPS siswa meningkat setiap siklusnya. Nilai KPS yang
diperoleh selama penelitian ini adalah Keterampilan merencanakan percobaan
sebesar 91,67%, keterampilan menggunakan alat dan bahan sebesar 73,72%,
keterampilan melakukan percobaan sebesar 84,62% dan keterampilan
menginterpretasi sebesar 87.82%. Berdasarkan uji anova diperoleh F hitung lebih
besar dari F tabel (84.452>3.26) maka
keterampilan proses siswa dari siklus 1 sampai 3 terdapat perbedaan. Selain
itu, terdapat pengaruh yang signifikan antara KPS siswa dengan penguasaan
kognitif siswa melalui uji regresi dengan nilai sig. 0.000 yang lebih kecil
dari 0,05. Dengan demikian, asesmen rubrik dapat dijadikan alternatif penilaian
yang dapat memotivasi siswa dalam pelaksanaan praktikum untuk meningkatkan
keterampilan proses sains yang dimiliki siswa.
Kata Kunci : Assesmen Rubrik,
Keterampilan Proses Sains (KPS)
bagi sahabat blog semangat belajar yang tertarik akan penelitian ataupun karya ilmiah ini anda bisa membacanya lebih lengkap dengan cara mendownloadnya di link berikut ini
Harrah's Cherokee Casino Resort - MapYRO
BalasHapusHarrah's 대구광역 출장샵 Cherokee Casino Resort is located in Murphy, 오산 출장마사지 North Carolina and 김해 출장샵 is open daily 24 hours. The casino hotel offers 2000 guest 군산 출장안마 rooms with 69 suites.Hotel condition: 4.0Room comfort: 4.5 Rating: 4.2 · 21 제주도 출장마사지 reviews