MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE - OUTSIDE CIRCLE

Mari mengenal dan memahami apa itu model pembelajaran kooperatif tipe inside - outside cirle? dan apakah tujuan dari model pembelajaran ini? simak bersama
Model pemebajaran Inside - Outside Circle merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Beberapa ciri dari pembelajaran kooperatif adalah setiap anggota memiliki peran, terjadi hubungan interaksi langsung antar siswa, setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas belajarnya dan keterampilan interpersonal kelompok, dan guru hanya berinteraksi dengan kelompok saat diperlukan. Banyak para ahli mengemukakan bahwa, model pembelajaran  inside-outside circle  pada dasarnya, merupakan teknik mengajar lingkaran kecil lingkaran besar yang dikembangkan oleh Spencer Kagan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik agar saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan seperti pada gambar berikut:
Pembelajaran dengan menggunakan model Inside - Outside Circle
Langkah-langkah  pembelajaran  dengan menggunakan model  inside-outside circle menurut Suprijono, Agus (2012:97)  adalah sebagai berikut:
1.      Pembentukan kelompok,  jika kelas terdiri dari 40 oarang bagilah menjadi 2 kelompok besar.
2.  Tiap-tiap kelompok besar terdiri 2 kelompok lingkaran dalam dengan jumlah anggota 10 dan kelompok lingkaran luar terdiri dari 10 orang.
3.    Anggota kelompok lingaran dalam melingkar mengahadap keluar dan berdiri menghadap ke dalam sehingga berpasangan.
4.  Penugasan,  berikan tugas sesuai dengan indikator pembelajaran dan  berikan waktu untuk berdiskusi. Setelah berdiskusi kelompok lingkaran luar bergerak berlawanan arah dengan anggota kelompok lingkaran luar sehingga terbentuk pasangan baru. Demikian seterusnya, perputaran berhenti jika tiap-tiap 7 pasangan bertemu kembali dengan pasangan asal dan bertukar informasipun selesai.
5.   hasil diskusi di tiap-tiap kelompok besar tersebut dipaparkan sehingga terjadilah diskusi antar kelompok besar. Pada akhir pembelajaran guru mengevaluasi hasil diskusi dan bersama-sama peserta didik untuk membuat kesimpulan.

      Pembahasan secara lengkap mengenai model pembelajaran Kooperatif tipe inside - Outside Circle dapat di Download di link berikut
Semoga Bermanfaat 

Related Posts:

0 Response to "MAKALAH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE "

Posting Komentar