RPP BIOLOGI PLANTAE KURTILAS VERSI REVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Pertemuan 1
Identitas Sekolah       :
Mata pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester          : X / Semester 2
Materi Pokok             : Plantae
Submateri                  : pengertian tumbuhan, ciri-ciri dan tumbuhan lumut
Alokasi waktu            : 3 x 45 menit
 

A.    Kompetensi Inti  :
KI 1       :  Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2       : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3       : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4       : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.     Kompetensi Dasar :
1.1         Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
Indikator :
1.1.1.      Mensyukuri keanekaragaman tumbuhan dengan melestarikan spesies-speses yang ada
2.1         Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
Indikator :
2.1.1        Disiplin dalam mengumpulkan tugas, tepat pada waktunya
2.1.2        Peduli terhadap lingkungan yang kelestarian tumbuhan
2.1.3        Bertanggung jawab atas tanaman-tanaman yang ada dilingkungan
2.1.4        Menunjukkan rasa tekun dan rasa ingin tahu pada saat proses pembelajaran berlangsung
3.8         Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan metagenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
Indikator :
3.8.1        Memahami pengertian plantae
3.8.2        Menjelaskan ciri-ciri umum Plantae
3.8.3        Mengetahui ciri-ciri, cara reproduksi, klasifikasi dan peranan dari tumbuhan lumut
4.8         Menyajikan data hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenik tumbuhan serta  peran tumbuhan dalam kelangsungan hidup di bumi.
Indikator:
4.7.1        Mengamati ciri-ciri tumbuhan yang ada disekitar lingkungan sekolah
C.    Tujuan pembelajaran
Setelah siswa melakukan pembelajaran dengan metode diskusi dan observasi dengan model pembelajaran Direct Intruction dan Cooperative Learning diharapkan siswa mampu :
1.      Memahami pengertian dari plantae
2.      Menjelaskan ciri-ciri umum Plantae minimal 3
3.      Mengetahui ciri-ciri, cara reproduksi, klasifikasi dan peranan dari tumbuhan lumut
D.    Materi Ajar
Kingdom Plantae disebut juga Dunia Tumbuhan karena beranggotakan berbagai jenis tumbuhan. Sebagai anggota sebuah kingdom, berbagai jenis tumbuhan memiliki ciri-ciri umum yang sama. Semua organisme yang disebut tumbuhan bersifat eukariotik multiseluler dan sel-selnya terspesialiasasi membentuk jaringan dan organ. Sel-sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa. Tumbuhan juga memiliki klorofil, yaitu klorofil a dan klorofil b, sehingga mampu melakukan fotosintesis untuk memenuhi kebutuhan makanannya. Karena dapat memenuhi kebutuhan makanannya secara mandiri, maka tumbuhan disebut organisme autotrof. Tumbuhan menyimpan cadangan makanannya dalam bentuk tepung atau pati.
Tumbuhan Lumut
Habitat: di tempat lembap, di lantai dasar hutan, di pohon, tembok, sumur, dan permukaan batu bata. merupakan peralihan antara Thallophyta dan Cormophyta. Tidak memiliki sistem pembuluh pengangkut. Vegetatif dengan pembentukan gemma, penyebaran spora, dan fragmentasi.  Generatif dengan peleburan dua gamet. Mengalami metagenesis yaitu pergiliran keturunan antara fase vegetatif (fase sporofit) dan fase generatif (fase gametofit). Fase gametofit hidupnya lebih lama dari fase sporofit. Sporofit hidupnya menumpang pada gametofit. Tumbuhan lumut yang sering kita lihat merupakan fase gametofit
struktur morfologi tumbuhan lumut
klasifikasi lumut yaitu:
1.     Hepaticopsida (lumut hati). Contoh: Marchantia polymorpha,
2.     Anthoceropsida (lumut tanduk) Contoh : Anthoceros sporophytes 
3.     Bryopsida (lumut sejati = lumut daun).
Manfaat Lumut bagi Kehidupan Manusia
a. Dapat menahan erosi, mengurangi bahaya banjir, dan mampu menyerap air sehingga dapat menyediakan air pada musim kemarau.
b. Marchantia sp sebagai obat hepatitis/ radang hati.
c. Sphagnum untuk bahan pembalut.
E.     Pendekatan/Metode/Model pembelajaran
1.      Pendekatan     : Scientifik
2.      Metode            : Diskusi dan Observasi
3.      Model              : Direct Instruction (DI) dan Cooperative Learning

F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media                          : Gambar-gambar yang mendukung
2.      Alat dan bahan            : Buku, pensil, pulpen
3.      Sumber belajar            :
a.       Buku IPA Biologi Kelas X, tahun 2013
b.      Buku lainya yang relefen
c.       Lembar Kerja Siswa (LKS)

G.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Siswa menjawab salam pembuka dan memberikan senyum.
2.    Siswa diabsen kehadiran oleh guru.
3.    Siswa diajak untuk berdo’a sebelum memulai pelajaran.
4.    Siswa menerima informasi tentang tujuan pembelajaran oleh guru.
5.    Siswa diberi pertanyaan terkait kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan (Apresiasi).
1 x 10 menit
Inti
Mengamati
1.    Siswa diberi gambar mengenai ciri-ciri umum dari plantae
1 x 10 menit
Menanya
1.    Siswa ditanya tentang maksud dari gambar yang telah diberikan tersebut
2.    Siswa diberikan kesempatan untuk berfikir dan menyampaikan pendapatnya setelah pemberian gambar tersebut?
3.    Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang konsep plantae.
1 x 35 menit
Mengumpulkan data (Eksplorasi)
1.    Siswa diminta untuk mencari penjelasan konsep ciri-ciri umum dari plantae (merangkum materi yang sudah dipahami)
1 x 15 menit
Mengasosiasikan
1.    Siswa diminta untuk mengaitkan fenomena yang ada dengan materi yang sedang dipelajari (melakukan pengamatan).
1 x 20 menit
Mengkomunikasikan
1.    Setiap siswa akan secara acak ditanya terkait materi yang sedang dipelajari
2.    Siswa yang lain diberikan kesempatan untuk mengomentari atau bertanya pada kelompok yang sedang tampil.
3.    Siswa diberi penguatan tentang apa yang telah dipresentasikan oleh guru.
1 x 35 menit
Penutup
1.    Siswa mendapat perintah untuk mencatat sebuah catatan singkat mengenai apa yang masih belum dipahami terkait materi.
2.    Siswa diberi penjelasan mengenai materi yang akan disampaikannya pertemuan selanjutnya.
3.    Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengintruksikan kepada seluruh siswa untuk bersama-sama mengucapkan hamdalah dan mengucapkan salam penutup.
1 x 10 menit

H.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
No
Aspek yang dinilai

Penilaian
Teknik
Bentuk

Keterangan
1
Tingkat pemahaman siswa
Tes tertulis
·  Pertanyaan esai

Contoh :
·     Terlampir
2
Kreatifitas siswa dalam melakukan observasi
Pengisian LKS
·    Laporan dan presentasi

Contoh :
·      Terlampir
3
Aktifitas siswa
Observasi
·         Rubrik penilaian siswa

Contoh :
·     Terlampir


                       Rubrik dan Pedoman Penilaian


Rubrik dan Skor Penilaian
Rubrik
No
Pertanyaan esai
Skor
Penilaian Teori
1.
2.
Jawaban benar
Jawaban salah
1
0
Penilaian Pengisian LKS (terlampir)
Pedoman Penilaian

·         Penilaian Teori
Skor maksimal = 100
Nilai siswa      = Skor perolehan/skor maksimum x 100  = … x 60% = …
·         Penilaian Pengisian LKS
Skor maksimal = 100
Nilai siswa = skor perolehan pengisian LKS/skor maksimum x 100 = … x 40% = …
·         Penilaian akhir
Nilai teori + nilai pengisian LKS = …

Cirebon,    2017
Mengetahui,                                                                              
                                      
Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran   



NAMA                                                                            NAMA

apa bila ingin mendownload RPP Biologi materi Plantae Kurtilas versi revisi secara lengkap dapat di download di link berikut ini
semoga bermanfaat

Related Posts:

0 Response to "RPP BIOLOGI PLANTAE KURTILAS VERSI REVISI"

Posting Komentar